Solusi Pembakaran Motor Tetap Efisien

Kita sudah tak lazim dalam mengendarai sepeda motor. Dalam sehari-hari kita selalu mengendarai sepeda motor dalam segala aktifitas seperti kuliah, ke kantor, dan masih banyak lainnya. Karena selalu disibukkan dengan segudang aktifitas kita kurang memperhatikan dalam kondisi kendaraan yang gunakan sehari-hari. Pasti teman-teman sering dan pernah mengalami motor yang pakai lebih boros bahan bakarnya. Agar pembakaran yang terjadi tetap efisien disini akan membahas penyebab dan solusi campuran bahan bakar terlalu kaya dan terlalu miskin. Campuran bahan bakar yang terlalu kaya adalah campuran bahan bakar dan udara yang mana perbandingan jumlah bahan bakar lebih banyak dari perbandingan yang normal.

Campuran bahan bakar yang terlalu kaya dapat disebabkan oleh :
a. Cuk macet dalam keadaan tertutup.
b. Katup pelampung tidak bekerja dengan baik atau sudah aus, ganti katup pelampung yang sudah aus.
c. Pelampung terlalu rendah, sehingga ruang pelampung terisi bahan bakar yang terlalu banyak. Setel tinggi pelampung sesuai dengan spesifikasi.
d. Spuyer udara tersumbat, bersihkan spuyer udara dan semprot lubang salurannya.
e. Elemen saringan udara dalam keadaan kotor, bersihkan elemen saringan udara.


    Campuran bahan bakar dan udara terlalu miskin adalah campuran bahan bakar dan udara yang mana perbandingan jumlah bahan bakar lebih sedikit dari perbandingan yang normal.

Campuran bahan bakar dan udara terlalu miskin disebabkan oleh :

a. Spuyer karburator tersumbat, bersihkan spuyer dan semprot lubang salurannya sampai lancar.
b. Katup pelampung tidak bekerja dengan baik.
c. Tinggi pelampung terlalu tinggi.
d. Saluran bahan bakar terhambat, bersihkan saluran bahan bakar tersebut.
e. Selang pernapasan karburator tersumbat, bersihkan selang pernapasan yang tersumbat. Berikut ini dapat dilihat pada tabel perbandingan udara dan bahan bakar,seperti berikut:


1 komentar:

Amrie Muchta mengatakan...

Seperti yang dibahas diatas, campuran bensin yang terlalu kaya bukan hanya membuat pemakaian bensin jadi lebih boros tapi juga berpotensi menimbulkan polusi berupa asap pekat dari knalpot. Baca pula Cara Mengatasi Asap Hitam Dari Knalpot Motor

Posting Komentar